Rabu, 05 September 2012

POLYBAG



       Polybag adalah kantong plastik khusus untuk menanam. Fungsinya sama seperti pot pada umumnya. Polybag  memiliki banyak lubang disekelilingnya untuk memudahkan aerasi akar tanaman. Karena terbuat dari lembaran plastik maka daya tahannya hanya sekitar 3 sampai 6 bulan saja.      
       Bila kita mempunyai hobby menanam tanaman dihalaman rumah atau sekedar memanfaatkan lahan sempit, polybag bisa menjadi pilihan. Apalagi bila kita hobby menanam sayuran, maka polybag dapat dijadikan pilihan, sebab rata-rata umur tanaman sayuran adalah 3 sampai 6 bulan.

Cabe jenis Jalapeno yang ditanam dalam polibag ukuran 40/40.
       Polybag memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari yang terkecil 10/10 yang berarti diameternya 10 cm dan tingginya 10 cm. Ukuran ini cocok untuk benih yang baru disemai. Bila tanaman sudah dewasa, ukuran yang dipakai berkisar antara 30/30 dan 40/40. Ada juga ukuran besar mulai 60/60 sampai 1 meter untuk tanaman jenis besar besar.


Tomat sayur tumbuh subur dalam wadah tanam polibag ukuran 40/40.


                            Tanaman terung sayur varian putih. Ditanam dalam pot ukuran diameter 30 cm.

Cabe rawit yang tumbuh subur dan siap panen dalam waktu 80 sampai 100 hari setelah tanam.

       Polybag juga dijadikan pilihan utama oleh para pembibit tanaman buah karena mobilitas yang tinggi sehingga sangat menghemat tempat, waktu dan tenaga dalam pengangkutan. Harga polybag adalah perkilogram  timbangan. Harga tergantung dari jenis plastiknya. Plastik terbaik berbahan PE dan yang standar dari HDPE.