Sabtu, 08 September 2012

KARAKTER TANAMAN

       Mengetahui dan memahami karakter tanaman sangat penting dalam merawat dan memelihara suatu jenis tanaman. Apa maksudnya?
       Setiap jenis tanaman mempunyai karakternya masing-masing.
Semisal tanaman jenis kaktus. Kaktus adalah tanaman yang kurang menyukai air, suka dilahan yang kering dan tahan terhadap panas matahari. Bila kita memperlakukan tanaman kaktus sesuai dengan karakternya, maka ia akan tumbuh dengan baik. Demikian pula dengan tanaman jenis anggrek yang kurang menyukai panas matahari langsung, suka lembab dan akarnya harus dapat bernafas, bila diperlakukan tidak sesuai dengan karakternya maka dipastikan akan kurang baik pertumbuhannya atau bahkan dapat mati.
       Bagaimana cara kita dapat mengetahui karakter jenis tanaman tertentu? Selain dari banyak membaca artikel atau majalah tanaman hias, browsing di internet, kita juga dapat langsung menanyakannya pada pedagang tanaman hias tersebut pada saat kita membelinya. Atau kita juga bisa menguji karakternya lewat perlakuan dan cara penanamannya.


       Semisal tanaman jenis sansevieria yang menyukai media berpasir, tidak lembab, tahan panas dan tidak terlalu banyak hara, ternyata dapat juga dijadikan tanaman hidroponik yang media tanamnya adalah air. Perlakuan demikian bisa membuatnya tetap hidup dengan catatan, air hanya merendam sampai pangkal akar dan tidak merendam pangkal daunnya.
       Juga misalnya kita senang membawa tanaman hias ke dalam rumah untuk mempercantik interior rumah. Tanaman-tanaman tersebut tetap akan mendapatkan nutrisi dari pupuk cair yang disemprotkan ke daun atau pupuk padat yang ditebarkan pada permukaan media tanamnya sebanyak 2 kali dalam sebulan. Sekali seminggu tanaman tersebut harus dikeluarkan untuk mendapatkan sinar matahari dan mendapatkan penyiraman.
       Ada juga tanaman yang sangat menyukai media yang kering dan porous, semisal adenium dan euphorbia. Itu karena habitat asli dari tanaman ini adalah di gurun. Bila kita memperlakukannya dengan benar maka ia akan tumbuh subur. Bagaimana caranya?
Caranya dengan penyiraman berkala, misalnya 3 hari sekali, pemberian pupuk berkala dengan jenis slow release atau 3 bulan sekali pemupukan, menempatkannya di tempat terbuka yang terkena sinar matahari kurang lebih 7 jam perharinya.

Kenalilah karakter tanaman kesayangan anda dan perlakukan sebagaimana ia seharusnya.