Minggu, 09 September 2012

MEDIA TANAM

       Media tanam adalah tempat tumbuh bagi tanaman, dimana tersedia semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dalam pertumbuhannya. Bahan yang dapat dipakai sebagai media tanam pada umumnya adalah  tanah subur, tanah lempung dan bahan pengganti tanah seperti sekam bakar, sekam mentah, pasir malang, pasir zeolite, cocopeat, akar pakis lempeng dan akar pakis halus, arang, spagnum moss, jelly dan air.

TANAH SUBUR
Tanah subur sebelum ditanami dibajak terlebih dahulu agar tidak padat

      Tanaman sayuran dan buah tumbuh subur dilahan tanah yang sudah diolah terlebih dahulu. Pertanian masa kini telah banyak yang beralih ke cara organik. Selain karena hasil panen tanaman pangan lebih sehat, tanahpun tetap subur secara alami tanpa bahan kimia berbahaya yang merusak ekosistem, juga karena biaya yang dibutuhkan lebih kecil dalam seluruh proses pertanian jenis ini.


TANAH LEMPUNG

        Ini adalah tanah lempung yang biasa dimanfaatkan untuk media tanam jenis tanaman air seperti lotus atau teratai. Fungsinya sebagai tempat menopang akarnya yang tinggi sementara nutrisinya diperoleh dari air.


PASIR ZEOLITE  DAN ARANG HALUS

      Menaman tanaman dalam botol kaca atau dikenal sebagai Terarium,menggunakan media tanam dari arang halus sebagai lapisan dasar media tanam dan pasir zeolite halus serta pasir zeolite ukuran sedang dibagian atasnya. Pemberian nutrisi tambahan bisa berupa pupuk cair yang disemprotkan berkala.

Terarium
Pasir Zeolite
       Sebagai pengganti tanah subur, media lain yang dipakai adalah campuran berbagai macam bahan yang mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda-beda dan saling melengkapi dan menunjang pertumbuhan tanaman. Campuran berbagai bahan pengganti tanah secara umum untuk semua jenis tanaman adalah sekam, pupuk kandang/kompos dan cocopeat,dengan perbandingan 1:1:1.
Arang
   





JELLY PLASTIK

Media tanam jelly berwarna-warni, cocok untuk
hiasan dimeja dalam ruangan.
        Untuk tanaman dengan karakter yang berbeda satu dengan yang lainnya, media tanam yang digunakan juga disesuaikan dengan kondisi tanaman serta pertumbuhannya.
       Beberapa jenis tanaman dapat tumbuh hanya dengan media jelly. Saat ini dipasaran banyak beredar media jelly berwarna-warni dan dengan bentuk serta ukuran yang beragam. Media ini dijual dalam kemasan kecil. Sebelum digunakan direndam terlebih dahulu hingga membesar 3 sampai 4 kali lebih besar dari ukuran padatnya.
Gunakan air bersih supaya tidak terkontaminasi kuman. Media dapat bertahan hingga 6 bulan.



LEMPENGAN AKAR PAKIS DAN ARANG KAYU

       Tanaman anggrek termasuk dalam keluarga epifit atau akarnya dapat menumpang pada tanaman lain. Tetapi untuk nutrisinya, anggrek tidak menumpang pada inangnya. Akar dan batang serta daunnya dapat mencari nutrisi sendiri.
       Semisal tanaman anggrek jenis dendrobium dan jenis palaenopsis, akan mendapatkan perlakuan yang berbeda dan media tanam yang berbeda pula. Jenis dendrobium dapat hidup dengan akarnya yang cukup menempel pada lempeng akar pakis atau arang. Akarnya dapat menangkap nutrisi diudara, demikian pula dengan daun dan batangnya. Intensitas cahaya matahari cukup 60-70% atau dibawah naungan pohon. Sedang jenis palaenopsis lebih membutuhkan perakaran yang baik sehingga membutuhkan spagnum moss diantara akarnya agar kelembabannya tetap terjaga.


       Anggrek jenis dendrobium berbunga kuning ( kiri ) dan anggrek jenis palaenopsis ( anggrek bulan ) tumbuh subur dibawah naungan pohon atau dengan bantuan shading net dengan intensitas cahaya 60 % sampai 70%.

AIR DAN MINERAL


Sistem penanaman secara hidroponik.
AKAR PAKIS

       Akar pakis mengandung banyak nutrisi. Di alam, tumbuhan pakis memiliki akar yang panjang dan lebat. Biasanya tumbuhan pakis tumbuh ditebing-tebing dan berfungsi menahan tanah dari longsor. Saat ini eksploitasi tumbuhan pakis untuk diambil akarnya telah dibatasi oleh pemerintah daerah karena sudah sangat parah kerusakan alam yang terjadi akibat eksploitasi berlebihan.
Sebelum digunakan biasanya akar dicuci bersih dari tanah dan dicincang sesuai kebutuhan. Ada juga yang dipotong membentuk lempengan-lempengan.

PASIR MALANG

       Pasir malang dipakai sebagai campuran media tanam pengganti tanah untuk tanaman yang memerlukan kondisi media tanam yang kering atau porous. Pasir malang adalah pasir yang berasal dari gunung berapi atau dikenal juga sebagai pasir vulkanik. Teksturnya ringan dan berongga, berwarna hitam keabuan sampai hitam pekat. Pasir ini mengandung mineral yang diperlukan oleh tanaman.


SEKAM BAKAR

       Sekam bakar atau arang sekam diperoleh dari limbah kulit gabah padi yang dibakar sampai hitam pekat. Sekam bakar ini dijadikan bahan utama untuk campuran media tanam pengganti tanah bersama dengan akar pakis, kompos, pasir malang dan cocopeat.







COCOPEAT

Cocopeat adalah serbuk sabut kelapa kering.
Digunakan terutama sebagai campuran media tanam.

Cocopeat

Kompos