Kamis, 08 November 2012

BENIH SAYURAN DALAM KEMASAN





Benih sayuran berasal dari biji tanaman sayuran yang dikeringkan secara hygienis dan sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara agar tidak berjamur dan tidak terkontaminasi oleh kuman.
Saat ini beredar banyak merk benih sayuran dalam kemasan. Beberapa produsen yang produknya terbilang cukup berkualitas, diantaranya adalah PT. Sang Hyang Seri dengan label Sang Hyang Seri Selection, PT. Benih Citra Asia dari Jember dengan label Bintang Asia, PT. East West Seed Indonesia dari Purwakarta dengan label Panah Merah, CV. Tani Syukur dari Bogor dengan label Ramza Seed, CV.Enno & Co Seed dari Jember dengan label Jawara, CV. Reda Jaya dari Purbalingga dengan label Benih Lokal Unggulan dan M. Hutasuhut dari Sumatera Utara dengan label Pendagro.
Masih banyak merk lainnya yang beredar dipasaran dan masing-masing mempunyai kualifikasinya sendiri. Umumnya kemasan dalam terbuat dari aluminium foil untuk mencegah kerusakan benih. Perhatikan masa kadaluarsa produk serta tingkat daya tumbuhnya. Apabila memungkinkan, tanyakan pula pada penjual cara-cara penyemaian serta penanganan lebih lanjutnya.