Rabu, 28 November 2012

JENIS-JENIS RUMPUT TAMAN

Taman yang indah identik dengan hamparan tanaman rumput yang tertata rapi dan hijau. Ada beberapa jenis rumput yang umum dipakai untuk menghiasi taman dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Jenis-jenis rumput tersebut adalah rumput gajah mini, rumput golf dan rumput jepang.

Rumput golf

Rumput gajah mini

Rumput Jepang
RUMPUT GOLF.

Sesuai namanya, rumput golf adalah rumput yang banyak dipakai sebagai rumput padang golf. Rumput ini pendek-pendek dan tahan cuaca. Tidak memerlukan perawatan khusus yang merepotkan. Rumput ini menyukai air yang banyak serta cahaya matahari. Pemangkasan dapat dilakukan sesekali karena pertumbuhannya yang lambat.

RUMPUT JEPANG.

Rumput jepang cocok untuk taman jenis minimalis. Sosok rumputnya tebal dan pendek-pendek sehingga mirip dengan karpet. Rumput ini juga menyukai air banyak dan cahaya matahari. Rumput ini harus lebih sering dipangkas karena akan bertambah tebal. Bila  lapisan dibawahnya bila tidak terkena cahaya matahari akan menjadi kekuning-kuningan sehingga dapat mengurangi nilai keindahannya.

RUMPUT GAJAH MINI.

Rumput jenis ini mudah sekali perawatannya. Kebutuhan air dan cahaya mataharinya sedang serta lebih tahan terhadap cuaca. Pertumbuhannya termasuk sedang sehingga pemangkasan dapat dilakukan secara berkala.

Sebagai catatan, untuk semua jenis rumput tadi sebaiknya tidak dipupuk dengan pupuk kandang yang belum disterilkan karena akan menyebabkan tumbuhnya gulma dan tanaman liar lain diantara tanaman rumput.
Pemupukan yang ideal adalah dengan pupuk anorganik yang memiliki kandungan N tinggi. Contoh jenis pupuk ini adalah Urea.
Pemakaian Urea dapat langsung dengan cara ditaburkan secara merata atau dapat pula dicampur dengan air dengan perbandingan 1 sdm untuk 5 L air.

Sedangkan bila memakai pupuk organik, sebaiknya yang bentuknya cair. Pemakaiannya dicampur dengan air sesuai dosis yang dianjurkan dan tertera pada label produk.