Kamis, 14 Maret 2013

TANAMAN HIAS GANTUNG

   

       Disebut tanaman hias karena memiliki penampilan yang dapat membuat orang yang memandang tanaman tersebut berkesan. Kesan yang timbul biasanya adalah perasaan senang, bahagia, tenang dan bangga. Tetapi ada juga yang memberi kesan 'berkelas' dan 'tinggi' serta memberi pamor bagi pemiliknya.
Umumnya tanaman ditanam di tanah atau di pot yang bisa diletakkan di teras halaman ataupun didalam ruangan. Bahkan ada yang bisa diletakkan diatas meja sebagai pemanis didalam ruangan.
       Ada juga tanaman hias yang diletakkan dalam pot yang digantung. Biasanya tanaman yang digantung memiliki kelebihan tertentu seperti pertumbuhan batang dan daunnya menjuntai ataupun pertumbuhannya bergerombol dan sebagian dapat berbunga secara serempak sehingga akan semakin indah bila penempatannya dengan cara digantung.
       Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang dapat ditanam dalam pot gantung:

A. Kaktus Anggur / Sedum (Sedum morganianum)

       Sedum termasuk tanaman yang menyukai sinar matahari dan kurang menyukai air. Penyiraman sebaiknya 2-3 hari sekali.









B.  Bawang Rambat/ Bowie (Bowiea volubilis 'Climbing Onion')











     
       Bowie tumbuh optimal di dataran sedang sampai tinggi. Bowie masih termasuk dalam keluarga bawang-bawangan.

C. Pakis (Nephrolepis sp.)


       Pakis dapat tumbuh di dataran rendah sampai sedang. Tanaman ini senang dengan air dan harus terjaga kelembabannya agar pertumbuhannya optimal.

D. Begonia (Begonia rex)










       Begonia tumbuh optimal didataran sedang sampai tinggi. Daunnya ada yang berbulu dan sebagian ada yang dapat berbunga. Begonia memiliki banyak varian, sehingga bentuk daun dan warna daunnya sangat beragam.
       Perbanyakkan dapat dengan setek daun.

E. Peperomia (Peperomia sp.)





       Peperomia berdaun licin dan mengilap dengan daun berbentuk jantung. Peperomia dapat diperbanyak dengan setek daun.

F. Portulaka / SBY (Portulaca grandiflora)








       Portulaca sangat menyukai sinar matahari dan berbunga sepanjang tahun. Penyiraman rutin setiap hari. Perbanyakkan dapat dengan setek daun. Di kalangan pedagang bunga, Portulaca lebih dikenal dengan sebutan SBY, entah apa maksud dan artinya.
       Sebenarnya portulaca adalah tanaman lanscape yang biasa digunakan untuk taman-taman dan ditanam sebagai pengganti rumput untuk menutupi tanah karena batang daunnya dapat menjalar. Oleh sebab itu portulaca dapat juga digantung dan bunganya mekar sepanjang tahun.

G. Zygocactus (Schlumbergera truncata)





       Zygocactus dapat hidup dengan baik di dataran tinggi dengan kelembaban tinggi. Pertumbuhannya tidak cepat. Bila berbunga akan serempak sehingga sangat indah.
Perbanyakkan dengan setek daun.

H. Sirih-sirihan (Epipremnum aureum sp.)






I. Episcia (Episcia cupreata sp.)



















J. Ivy (Hedera helix)




K. Kantung Semar (Nepenthes sp.)






       Tanaman kantung semar menyukai iklim lembab dan hanya membutuhkan sinar matahari teduh. Habitat asli tanaman ini adalah dihutan tropis yang lembab.

L. Jenggot Musa (Pilea sp.)




M. Sirih Lurik (Scindapsus pictus 'Argyraeus')


       Tanaman ini tidak termasuk dalam keluarga tanaman sirih, hanya bentuknya saja yang menyerupai sirih. Daun Scindapsus sp. lebih tebal dan licin permukaannya.

N. Air Mata Bayi (Soleiloria soleilorii 'Baby Tears')


O. Bunga Lipstik (Aeschynanthus lobbianus)


       Tanaman bunga lipstik dapat tumbuh optimal di dataran sedang dan tinggi. Perawatannya sangat mudah. Perbanyakkannya dengan setek batang.
       Warna bunganya juga bervariasi mulai dari merah tua, merah muda, kuning dan oranye. Bentuk bunganyapun ada yang besar dan kecil. Daunnya menyirip, tebal dan agak keras.