Minggu, 05 Agustus 2012

TAHAP PEMISAHAN BENIH



 Benih yang sudah disemai akan tumbuh rata-rata 7 hari sampai 14 hari setelah penyemaian. Dengan perlakuan yang baik dan tepat, benih yang disemai dapat mencapai 85% keberhasilan tumbuh.
Bila sudah mencapai tinggi kurang lebih 7cm sampai 10cm atau benih sudah tampak kuat perakarannya, maka bibit-bibit tanaman muda ini siap untuk dipindah satu-persatu.
Yang harus disiapkan pada tahap ini adalah:
1. LAHAN.

    Bila akan ditanam pada lahan tanah, cangkul tanah dan beri pupuk kandang atau kompos sekurang
    kurangnya 1 minggu sebelum penanaman. Buat lubang tanam masing-masing  dengan jarak tanam     50 cm sampai 1m tergantung dari jenis tanamannya.
    Bila akan ditanam dipot, cukup siapkan media tanam dan pot yang akan dipakai.

2. VITAMIN B1.
    Gunanya untuk mencegah stress tanaman yang baru dipindah agar dalam proses penyesuaiannya         tetap mendapat nutrisi. Konsentrasi pemberian adalah 1sdm untuk 4L air dan disemprotkan 2 kali       dalam seminggu atau sampai pertumbuhannya terlihat optimal.

3. PUPUK DASAR.
    Pupuk dasar adalah pupuk yang mengandung kadar Nitrogen dan Phosporic yang sangat                     dibutuhkan tanaman pada masa awal pertumbuhannya. Ada juga jenis pupuk organik yang                   mengandung mikroba dan biasanya dipakai untuk sayuran dan buah dengan sistem pertanian               organik. Pemberian pupuk pertama kali adalah 10 hari setelah penanaman.


       Penyiraman dilakukan rutin setiap hari. Pada tanaman tertentu, karena beradaptasi pada lahan kering, penyiraman dapat dilakukan 2-3 hari sekali. Karakter tanaman juga diperhatikan, apakah cocok ditanam ditempat terbuka atau harus dibawah naungan.

Selamat bercocok tanam!